Senin, 21 November 2016

Bimbingan Internet Marketing 2017 Pekanbaru

2 HAL PENTING SEBELUM MEMULAI BISNIS ONLINE (JUALAN ONLINE)
Sumber : Erianto Simalango Pembicara Internet Marketing
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan bisnis online atau jualan online. Dan pastinya ini bukan-lah hal yang mudah kita harus teliti.
Kursus Internet Marketing Pekanbaru 

Di postingan ini saya akan membahas tentang halhal yang harus di lihat sebelum memulai bisnis online.

Kalo pada postingan sebelumnya saya membahas tentang 4 Kesalahan dalam Bisnis Online maka sekarang saya akan membahas tentang hal yang harus diperhatikan saat jualan online.

Hal-hal penting sebelum melakukan bisnis online :


1.Memiliki Ide atau MemIliki Produk / Jasa yang akan dijual


Sebelum Anda melakukan jualan online alangkah baiknya Anda memikirkan produk apa yang nantinya akan Anda jual. Dalam menjual suatu produk Anda harus berpikir perspektif, janganlah Anda melakukan jualan online akan tetapi Anda tidak mengetahui produk apa yang akan Anda pasarkan atau Anda hanya asal-asalan saja, karena itu akan menjadi sia-sia.

Dalam melakukan penjualan secara online, Anda harus melihat produk apa yang mempunyai nilai jual tinggi di masa sekarang. Produk apa yang prospek ke depannya bagus? Anda harus memikirkan kedua pertanyaan tersebut karena itu nantinya akan sangat mempengaruhi penghasilan Anda. Tentunya tidak semua produk bisa Anda pasarkan dalam jualan online. Berikut ini daftar produk yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan untuk jualan online yang akan Anda buat, produk ini juga mempunyai daya jual yang cukup tinggi di pasaran toko online:

- Produk Elektronik

Pada zaman globalisasi seperti sekarang, elektronik bisa dikatakan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, karena tanpa adanya elektronik mungkin masyarakat tersebut bisa dikatakan ketinggalan zaman atau primitif .

Lalu produk elektronik apakah yang bisa dipasarkan dalam toko online? Jawabnya adalah semua produk elektronik. Anda dapat membuat grup kategori dalam toko online Anda, misalnya: kategori Handphone, Laptop, Motor, dan lainnya.

- Produk Distro

Di zaman modern seperti ini 3 kata yang diburu oleh kalangan muda yaitugaya, gaul, dan trendi, baik dari segi penampilan maupun yang lainnya. Saat ini produk distro sangatlah diburu kaum muda karena produk distro dinilai menyediakan produk yang sesuai selera anak muda zaman sekarang. Anda dapat mengklasifikasikan produk distro mulai dari kategori kaos, baju, jaket, topi, sepatu, dan lainnya yang masih sangat banyak lagi.

- Produk Script

Apabila kita berbicara tentang website, blog, maupun toko online tentunya tak lepas dari yang namanya script. Script sendiri itu arti-nya apa sih? J Script itu merupakan kode bahasa pemrograman web yang akan digunakan untuk membangun sebuah website mau-pun blog yang menarik. Anda dapat mengumpulkan puluhan script bahkan ratusan yang bisa Anda jadikan sebuah produk dalam toko online, tentunya bisa disertakan bonus menarik yang dapat memikat hati konsumen, misalnya bonus sebuah software-software yang ada keterkaitannya dengan script tersebut atau ada keterkaitannya dalam membangun sebuah website maupun blog.

-Jasa Khursus internet
 
Di zaman yang modern zaman sekarang siapa yang tidak akan tau tentang internet. Maka dengan jasa ini akan menguntungkan. Karena semua orang dizaman sekarang ini pasti ingin Belajar Internet Marketing Pekanbaru. Maka dengan membuat jasa Kursus Internet Marketing Pekanbaru.
2. Mengetahui tentang Produknya (Product Knowledge)


 Sekarang kita akan membahas tentang product knowledge.

Product Knowledge adalah pengetahuan menyangkut jenis, penggunaan, manfaat, content, segmen pasar yang ditargetkan dari produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Pada umumnya orang-orang marketing dan sales serta beberapa orang kunci di bagian produksi yang memiliki product knowledge ini. Pengalaman cukup banyak yang menunjukkan bahwa karyawan perusahaan dari divisi atau departemen di luar marketing dan sales menghadapi pertanyaan dari beberapa orang di lingkungan pergaulan, saudara, tetangga, di sports club, ngobrol dengan orang di sebelah selama di pesawat terbang, di tempat umum, di ruang tunggu dokter, di toko, di supermarket atau dalam kegiatan serta kumpulan sosial lainnya. Jawaban paling aman adalah : “ndak tahu ya, saya di bagian keuangan sih”, “atau saya di bagian personalia, jadi kurang tahu”. Tetapi sebenarnya saat memberikan jawaban seperti itu perusahaan telah kehilangan kesempatan untuk melakukan komunikasi ke publik.

Apabila kita memilih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut juga perlu berhati-hati, jangan asal jawab apalagi sok tahu. Hal yang paling aman adalah ada regular briefing yang dimotori oleh bagian marketing, bekerja sama dengan public relation misalnya, yang mengarahkan kita tentang apa yang boleh dijawab dan apa yang tidak, dan bagaimana jawaban yang benar apabila masuk ke kategori yang bisa atau perlu dijawab.
Salah satu kunci yang penting dalam perolehan revenue di perusahaan jasa atau kombinasi menjual produk dan jasa ada pada account coverage.
Business opportunity pada jenis ini bisa dikategorikan dalam 6 tingkat berdasarkan besarnya opportunity :

1. Just information
2. Curiosity from potential customer
3. Some requirement but not urgent
4. Requirement defined specifically but not budgeted and no other budget arrangement is

possible
5. Requirement defined specifically and budgeted or there is possibility for budget arrangement
6. Opportunity defined, budget is in place and contact is in place

Dari peng-kategorian di atas, nomor 1 sampai dengan 3 bisa kita sebut cold opportunity.
Nomor 4 bisa dibilang hangat, dan nomor 5 sudah mulai merupakan hot opportunity dan perlu ditindak lanjuti sampai masuk ke kategori 6.

Pada perusahaan consumer goods, setiap kontak dengan orang lain bisa menjadi business opportunity. Misalnya ada saja orang yang mengetahui kita kerja dimana lalu mengajukan pertanyaan menyangkut beberapa produk atau jasa yang kita jual.
Berapa kali kita mengalami momen interaksi dengan orang lain dalam semua kegiatan kita di luar kantor. Tidak terhitung jumlahnya kesempatan ini, terutama apabila orang yang bersangkutan memang bertanya.
Bagi yang bekerja di perusahaan consumer goods yang produknya banyak dijual di toko, warung dan supermarket, pertemuan dengan konsumen di tempat-tempat ini adalah kesempatan yang paling baik karena berada di toko atau supermarket, orang pada umumnya sedang lebih terfokus pada barang yang mau dibelinya.
Sebaliknya juga merupakan praktek yang baik jika perusahaan membuka channel untuk masukan dari karyawan berdasarkan pengalaman dan interaksi para karyawan di luar kantor.

Bagi perusahaan yang bukan consumer goods dengan distribusi masal, misalnya perusahaan yang menjual mesin-mesin, komputer atau IS/IT-solution, ada channel yang disebut sales lead.
Sales lead adalah masukan bahwa ada kebutuhan di salah satu perusahaan atau instansi dimana kita bisa masuk. Tentunya ada orang di bagian sales yang bertugas menyaring, memproses (termasuk klarifikasi dengan pemberi masukan sales lead) lalu memastikan kesempatan yang memang masuk kategori hangat dan yang merupakan hot opportunity tidak terlewatkan.

Kesimpulannya semua karyawan, di bagian apapun, adalah duta bagi perusahaan tempat. Apabila mereka dipersiapkan dan dibekali dengan baik, terbuka kesempatan komunikasi masal yang bisa menjadi kontributor yang tidak kecil terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan.

Sekian Info dari saya mohon maaf apabila postingan saya kurang. Salam
Bimbingan Jualan Online di Pekanbaru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar