SUMBER : Erianto Simalango Pembicara Internet Marketing |
RISET KATA KUNCI
Riset Kata Kunci atau bisa disebut dengan Riset Keyword merupakan salah satu tekhnik seo yang sangat cocok untuk menargetkan kata kunci(Keyword) ) yang akan kita gunakan pada sebuah postingan, dengan melakukan riset
keyword maka kita akan mudah sekali mengetahui apa saja yang sedang
trend di google. Keyword research ini sangat cocok untuk menawarkan produk di Internet seperti Internet Marketing, Karena karena dengan melakukan riset keyword kita bisa mudah mengetahui apa
yang sedang dicari oleh para pengguna Internet, dengan begitu kita akan
mudah sekali untuk bersaing merebut posisi 1 di google. Jadi alangkah
baiknya menggunakan riset keyword ini sebelum posting artikel, agar bisa
menempati urutan 1 di google dan tentunya mendapatkan traffic yang
tinggi dari google.
Mungkin masih banyak diantara para Blogger yang masih belum paham dan mengerti dengan apa itu riset keyword atau riset kata kunci, jadi saya ingin mengenalkannya dengan Anda semua melalui posting di blog Seminar Internet Marketing Pekanbaru ini. Lalu apa pengertian dari riset keyword ? Baiklah saya akan menjelaskannya dibawah ini :
Riset kata kunci atau Riset Keyword menurut pengertiannya adalah kata atau kumpulan beberapa yang digunakan
oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Sebutan
kata kunci menurut SEM berarti sebuah kata atau frasa yang digunakan
untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. Kata kunci pada
blog terbagi menjadi dua yaitu kata kunci pendek dan kata kunci panjang.
Kata kunci pendek adalah kata kunci yang hanya terdiri dari maksimal
dua suku kata sedangkan kata kunci panjang adalah kata kunci yang lebih
dari dua suku kata. Kata kunci pendek biasanya memiliki persaingan yang
sangat ketat di mesin pencari sedangkan kata kunci panjang relatif lebih
kurang persaingannya sehingga banyak digunakan oleh para blogger
pemula. Untuk menentukan kata kunci pada blog yang akan kita buat
sebaiknya kita melakukan riset kata kunci.
Riset Keyword merupakan teknik SEO website untuk menargetkan kata kunci (keyword) yang nantinya akan digunakan
dalam sebuah postingan blog ataupun situs. Jelas bahwa situs tanpa riset
keyword ibarat memasak suatu jenis makanan tanpa mengetahui resep
dasarnya. Jadi penting sekali mengenal berbagai macam keyword dan
melakukan riset untuk keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh
pengguna internet, sehingga bidikan keyword tersebut tidak akan sia-sia.
Pertanyaanya sekarang, kenapa harus riset keyword dulu? Kegiatan ini
merupakan tahapan paling awal saat membangun situs dan ketika riset kata
kunci sudah dilakukan secara tepat maka langkah untuk mengoptimasi
postingan lewat teknik SEO Onpage dan SEO Offpage akan semakin mudah
bahkan mampu bersaing di posisi pertama search engine.
Dalam melakukan riset keyword
kita juga harus memperhatikan tingkat persaingan mulai dari high,
middle dan low competition. Memilih tingkat persaingan terendah (low
competition) tentu lebih gampang mengoptimasinya dibanding menargetkan
kata kunci high atau middle competition. Disisi lain, ternyata ada
teknik sendiri dalam meriset keyword yakni memanfaatkan tools-tools yang
bertebaran luas di dunia maya baik bersifat premium (berbayar) maupun
free alias gratis. Maka tidak ada kata “malas” bagi para blogger maupun
siter untuk tidak melakukan riset kata kunci karena semuanya juga demi
menempati rangking 1 sekaligus mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya.
JENIS-JENIS KEYWORD SEO WEBSITE
Setelah kita sudah membahas tentang pengertian riset keyword sekarang saya akan membahas tentang jenis-jenis riset keywordnya.
Adalah
kata kunci yang menargetkan pencarian dengan hanya satu sampai dua kata
saja. Jenis ini bisa dibilang memiliki tingkat persaingan high
competition sehingga butuh keahlian khusus (expert) agar bisa menempati
urutan pertama, kedua atau ketiga di pencarian search engine. Seperti
misalnya teknologi, kesehatan, smartphone terbaru dan sebagainya.
2.LONG TAIL KEYWORD
Artinya kata kunci panjang dan bisa terdiri dari 3 kata bahkan lebih.
Disebut juga kata kunci turunan dari short tail keyword. Jika kita ingin
menargetkan sebuah keyword yang power full, maka akan sangat
direkomendasikan untuk memiliih long tail ini karena tingkat
persaingannya rendah dan cenderung lebih mudah dalam menguasai rangking
pertama di SERP. Walau demikian, memang agak sulit menemukan keyword
long tail potensial disisi lain hasil akhir trafik biasanya tidak
sebanyak bidikan melalui short tail keyword . Contohnya, teknologi canggih 2016, daftar smartphone terbaru dan terbaik, teknik belajar cepat dengan corel draw, tips memasak ala chef juna dan masih banyak lagi.
Mungkin
keyword ketiga ini tak terdengar asing dan umumnya digunakan oleh situs
situs tertentu. Tak jarang pula situs besar juga menerapkan keyword
musiman. Pasti sudah pada tahu bahwa kata kunci musiman hanya tenar atau
sering dicari saat memasuki moment khusus misalnya ketika pertandingan
liga champion, ketika idul fitri, ketika idul adha dan sejenisnya.
Adapun contohnya seperti hasil pertandingan barcelona vs sporting gijon, jenis baju muslim di hari raya idul fitri, harga hewan kurban tahun 2016 dan lain-lain.
4. Keyword abadi
Keyword
abadi tentunya kebalikan dari keyword musiman. Dalam artian, para
pengguna internet pasti dan selalu mencari keyword tersebut karena
sudah menjadi kebutuhan. Misalnya cara mengatasi sakit kepala, cara belajar secara efektif, tips tidur yang nyaman.
Diantara ketiga keyword itu, terdapat kata kunci abadi dimana orang-
orang pasti mengalaminya sehingga memerlukan berbagai macam solusi.
MANFAAT RISET KEYWORD
Apa manfaat melakukan riset keyword ?
pertanyaan ini sering kali di lontarkan oleh pembisnis online pemula
yang biasanya disaat baru membuat blog terkesan asal asalan tanpa ada
perhitungan dan pertimbangan matang. Kalaupun ada pertimbangan,
satu-satunya yang menjadi pertimbangan adalah pertanyaan “Keyword Apakah
Yang Saat Ini Banyak Dicari?” atau bisa di artikan dengan mengandalkan
perkiraan saja. Berikut beberapa manfaat riset keyword.
1. Membantu untuk riset pasar
Kegiatan
riset keyword dapat mempermudah kita untuk melihat pasar secara luas.
Dengan begitu hasilnya bisa dipilah-pilah mana yang sekiranya memiliki
persaingan low competition dan cocok dijadikan targeted keyword.
Bandingkan saat membuat konten tanpa riset kata kunci, diyakini hasilnya
akan jauh berbeda bahkan terlihat kurang efektif dimana dampaknya tentu
saja tidak mampu memperoleh trafik sesuai ekspetasi.
2. Memudahkan situs ditemukan oleh mesin pencari
Ketika
suatu keyword atau kata kunci bidikan banyak dicari pengunjung
internet, maka ini merupakan peluang besar untuk membidik keyword
tersebut sehingga mesin pencari seperti google, yahoo atau bing akan
dengan mudah menemukan situs unggulan yang memiliki dukungan penuh dari
segi SEO onpage maupun SEO offpage.
3. Mengetahui kondisi persaingan keyword
Persaingan
keyword di posisi teratas search engine bisa dengan mudah diketahui
lewat riset keyword. Jadi kita dapat memutuskan apakah perlu menembak
keyword yang dimaksud atau mencari keyword turunan lainnya agar nantinya
tidak salah langkah memilih keyword high competition dimana teknik
optimasinya pasti sangat sulit sekali.
4. Memenangi kompetisi di posisi SERP
Website
yang melalukan riset keyword lebih berpotensi memenangi persaingan
SERP. Alasanya tentu berdasar atas penemuan kata kunci low competition
namun masih dalam lingkup pencarian terbanyak sehingga bisa langsung
menargetkan keyword tersebut beserta turunanya (long tail keyword).
Diiringi optimasi sederhana seperti pembuatan konten berkualitas serta
penyebaran link tautan yang relevan cukup untuk membawanya bersaing di
rangking tertinggi search engine.
5. Mempermudah dalam pembuatan materi (konten)
Melakukan
riset keyword akan mempermudah kita dalam pembuatan materi atau isi
postingan. Disamping itu, hasilnya juga jauh lebih baik ketimbang tanpa
riset keyword sama sekali. Ingat! bahwa riset keywod seringkali menjadi
tujuan utama ketika ingin menentukan topik atau niche suatu situs.
Tools Untuk Riset Keyword !
1. Google keyword planner
Aplikasi
google keyword planner adalah aplikasi bawaan dari google yang mampu
menyediakan statistis kata kunci mulai dari besarnya pencarian,
perkiraaan CPC (cost per klik) maupun keyword turunan. Menurut informasi
dari pihak google, Google Keyword Planner dapat mengarahkan kata kunci
dasar namun tidak selalu memberi hasil yang tepat karena pemilihan
keywordnya sangat luas sekali.
2. Ubersuggest
Termasuk aplikasi pilihan oleh para blogger. Selain mudah dalam
menggunakanya, hasil pencarian kata kunci lewat ubersuggest menawarkan
puluhan sampai ratusan hasil kata kunci short tail maupun long tail
sehingga akan terasa gampang menemukan jenis keyword yang cocok dan pas.
3. Keyword tool
Bentuknya
hampir mirip dengan ubersuggest mengingat konsepnya diambil dari google
autocomplete. Tool ini nampaknya lebih sedikit unggul karena bisa
menghasilkan ratusan sampai ribuan kata kunci beserta frasa-frasanya.
Jadi pas sekali bila kita ingin mencari kata kunci panjang (long tail
keyword).
4. Wordstream free keyword tool
Tools
ini menyediakan 2 versi yaitu free dan berbayar. Untuk fitur free,
meski agak terbatas tapi masih mampu memberikan kata kunci short maupung
long tail keyword sekaligus keyword relevan satu sama lain. Tapi masih
disayangkan beberapa metric seperti search competition dan search volume
kurang akurat kecuali jika mendaftar melalui sistem berbayar.
5. Keyword eye (basic)
Termasuk
aplikasi kata kunci visual yang artinya menampakkan ukuran dan warna
pada masing- masing hasil keyword yang dimaksudkan mewakili besarnya
pencarian maupun kompetesi secara luas. Dalam versi free, pengguna bisa
mendapatkan sekitar 20-100 kata kunci perhari bersamaan 25 database
keyword dari google.
Sekian artikel dari saya mohon maaf apabila ada kesalahan. Salam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar