Rabu, 23 November 2016

Workshop Digital Marketing 2017 di Pekanbaru

💟 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN BISNIS ONLINE 💟

 
 
SUUMBER : Erianto Simalango Pembicara Internet Marketing

Perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat sehingga memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah dalam hal menjalankan bisnis dan mencari keuntungan sebesar-besarnya dari aktifitas pemasaran online yang dilakukan di dunia maya.


 Aktifitas pengguna internet berkembang sangat pesat sehingga setiap transaksi dan pergerakan uang dalam bisnis berjalan sangat cepat. Mulai dari penggunaan internet banking, rekening online, pembayaran via paypall dan lain sebagainya. Hal ini tinggal bagaimana kita bisa menyikapi dan menggunakannya untuk hal yang positif serta mengambil manfaat keuntungan dalam sebuah bisnis.





Berikut ini terdapat beberapa keuntungan bisnis online 


1.Tanpa batas waktu

Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda memiliki produk yang pantas untuk dijual serta bisa dikirim melalui jasa pengiriman. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka. Ketika anda melakukan promosi dan memasang iklan maka pasti akan terus terlihat setiap saat.
2.Tanpa batas tempat 

Anda bisa menjalankan pemasaran online dimanapun, yang terpenting adalah jika ada koneksi internet, perangkat komputer dan smartphone. Anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi hanya melalui email dan internet anda bisa melakukan semua kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.


3.Efisiensi biaya operasional
Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan dan perlengkapan pendukung yang bisa terjangkau dan relatif murah.
4.Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.
5.Kemudahan manajemen dan organisasi
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.
6.Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan
Apabila anda menjual barang secara online anda bisa memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.
7.Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.
8.Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi bisa dilakukan via smartphone.
9.Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat tertentu.
10.Memberikan keuntungan yang tidak terbatas
Keuntungan dari bisnis online bisa dikatakan tak terbatas karena jumlah konsumen yang tidak terbatas pula. Jika anda menggunakan pemasaran online besar kemungkinan untuk melebarkan sayap seluas mungkin dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin.
11.Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online, Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.
  
12.Jangkauan Luas
Keuntungan pertama dari bisnis online adalah dapat memiliki jangkauan yang luas. Internet dapat menjangkau berbagai kalangan dan wilayah tanpa batas. Bisnis Anda akan dapat berkembang lebih pesat melalui sistem online. Walaupun bisnis Anda berbasis di ibukota, Anda tetap dapat menjangkau konsumen mulai dari Majalengka hingga Malaysia. Sistem bisnis online memungkinkan Anda untuk melebarkan sayap ke daerah terpencil maupun ke luar negeri.

Dibawah ini saya akan menjelaskan kerugian bisnis online:

  1. Koneksi internet sedikit mahal. Karena kita menggunakan internet.

  2. Cara untuk mendapatkan ilmu berbisnis agak lama karena kita menunggu pembeli dan hanya berinteraksi menggunakan tulisan.

  3. Kurang bergaul, karena tidak tatap muka hanya dikenal lewat nama dan foto kita saja.

  4. Sulit membangun kepercayaan kepada konsumen.
    Pelatihan Digital Marketing di Pekanbaru 


      

    😃😃😃 SEKIAN POSTINGAN SAYA MOHON MAAF APABILA ADA KESALAHAN 😀😀😀

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar