Tahap memulai bisnis Online
Pada artikel saya kali ini saya akan menjelaskan "Tahap memulai bisnis Online". Sebelum kita memulai bisnis online ada tahap-tahap yang harus kita lakukan. Dan pada artikel ini saya akan menjelaskannya.
1.Memiliki ide jasa/ Jasa yang harus di jual
Ide untuk jualan bisnis online bisa kita cari di koran atau di marketplace atau digoogle. Banyak cara agar kita bisa mendapatkan ide untuk jualan.
Aku sudah punya satu contoh barang yang akan aku jual. Aku pengen menjual Produk kosmetik. Setelah kita udah ada ide. Sekarang kita musti tau tentang produk yang akan kita jual.
Kalo dapat ya produk yang kita jual itu barang unik, tidak dapat dicari di tempat lain. Mau tau kenapa karena kalo orang lain sudah menjual barang itu napain juga kita jual lagi di online.
Dan pasti pembeli juga tak mau membeli sama kita lebih baik beli barang yang ditoko daripada beli di toko online kita. Karna itu kita musti punya barang yang berbeda dari yang lainnya.
2.Mengetahui Tentang Produk Yang akan dijual (Product Knowledge)
Ya langkah yang kedua adalah kita musti tau apasieh fungsi produk kita, bpomnya, cara penggunaan, bahannya, dll ya.
Pada langkah ini kita musti atau wajib mengenal tentang produk kita. Selain mengenal produk kita. Kita juga harus tau apa sieh kata yang dicari pembeli untuk menemukan produk kita.
Gak mungkinkan kalo kita tidak tau apa yang dicari dan dimauin pembeli.
Karna itu kita harus tau semuanya baik itu tentang produk kita maupun tentang apa yang dicari pembeli.
3.Mencari Supplier
Langkah selanjutnya kita musti mencari pemasok produk kita. Kita bisa juga kok mencari pemasok itu dari media sosial, google, marketplace, dll.
Pokoknya carilah pemasok yang teman-teman anggap jujur ya.
4.Melakukan Riset
Setelah kita menemukan ide, sudah kita mengenal tentang produk yang akan dijual, lalu sudah mendapatkan supplier. Sekarang kita musti melakukan riset tentang produk apa yang sedang ngetrend di zaman sekarang.
Supaya apabila kita sudah punya barang bisa laku.
Kalo kita tidak melakukan riset gimana kita mau tau itu barang yang dicari atau bukan.
Riset bisa kita lakukan di beberapa tempat
1.google.co.id > Kenapa musti google.co.id kenapa tidak di google.co.my atau dimana.
kalo kita ingin meriset di wilayah indonesia maka kita musti membuka google.co.id.
Aku sudah menjelaskan cara men-Riset barang di google.co.id bagi yang belum tau bisa melihat di artikel aku yang ini : Riset kata kunci.
2.google trend > menggunakan google trend adalah cara mudah agar kita mengetahui produk yang akan kita jual itu sedang trend atau tidak.
saya juga sudah menjelaskan cara me-riset di google trends. Kalo mau baca bisa ke artikel aku yang ini : Cara menemukan barang yang akan dijual .
3. google keyword planner > aku akan menjelaskan langkah-langkah meriset google keyword planner.
1. Mendaftar ke Google Adwords
Google Adwords adalah fasilitas gratis yang diberikan oleh Google kepada Advertiser untuk melakukan riset pasar. Agar bisa menggunakan fasilitas Google Keyword Planner, silahkan mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail Anda. Jika Anda baru pertamakali menggunakan tools ini, Anda akan diarahkan ke halaman Campaigns.2. Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Setelah berhasil mendaftar, kita bisa
langsung menggunakan tools ini. Selesai langkah pertama di atas, kita
akan melihat beberapa menu pada halaman Google Adwords.
2.1. Silahkan klik menu “Tools”, nanti
akan muncul pilihan sub menu. Pada bagian sub menu “Tools”, silahkan
pilih “Google Keyword Planner”.
2.2. Pada halaman berikutnya kita akan melihat beberapa pilihan untuk
riset keywords. Silahkan klik pilihan “Search for new keyword and ad
group ideas”.
2.3. Silahkan masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda pada kolom yang tersedia, jangan lupa untuk mengedit bagian “Targeting”. Jika target market Anda Indonesia, masukkan Indonesia pada bagian “Location”, dan masukkan Indonesian pada bagian “Language”. Lalu klik “Get ideas”
2.4. Selanjutnya kita akan melihat halaman result di mana kita bisa melihat trend keyword yang kita cari. Jangan lupa klik tab “Keyword ideas” karena kita ingin mencari keywords yang terkait dengan keyword utama kita. Di sana kita juga bisa melihat beberapa data penting seperti, trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords.
Sekian postingan saya salam
Such a amazing blog it really helps me and have some good knowledge
BalasHapus