Sabtu, 19 November 2016

Kursus Belajar Bimbingan Jualan Online di Pekanbaru

JUALAN ONLINE

Kursus Internet Marketing Pekanbaru Jualan online, Tentu kita sudah sering mendengar kata Jualan online, Karena diera moderen seperti saat ini sudah banyak penjual melakukan jualan produk atau barang secara online. Sesuai dengan definisi jualan dan penjabarannya.

Berdasar definisi Berdasar definisi jualan diatas, Bahwa semua kegiatan atau aktifitas jualan juga bisa dilakukan secara online, Baik itu dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan produk atau barang yang dijual. Bahkan dengan melakukan usaha Jualan online penjual akan bisa menjangkau calon pembeli yang lebih banyak tanpa batasan.

Jualan online memang menarik untuk dijalankan, Lalu apa itu jualan online?
Pengertian atau definisi jualan online : jualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

Berikut uraian dari definisi atau pengertian jualan online diatas.Melakukan aktifitas jualan
Yaitu menjalankan semua usaha jualan, Dari mencari calon pembeli sampai dengan menawarkan barang kepada calon pembeli.

    Mencari calon pembeli, Usaha ini bisa dilakukan dengan cara iklan atau promosi dijaringan internet. Untuk iklan diinternet bisa dipilih yang berbayar atau yang gratis. Yaitu dengan memasang materi iklan atau iklan kita pada jaringan internet. Karena saat ini sudah banyak situs atau web yang menyediakan fasilitas iklan atau promosi gratis dengan jangkauan yang luas. Dan untuk hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.
    Menawarkan produk atau barang, Hal ini bisa dilakukan oleh penjual dengan cara memasang katalog produk atau barang yang disertai keterangan pendukungnya. Untuk hal ini diperlukan adalanya katalog online yang baik agar penjualan onlien bisa memberikan hasil yang optimal.

Kata internet atau jaringan internet mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, Karena saat ini jaringan internet sudah tersebar hampir diseluruh daerah. Dan jaringan internet ini sekarang sudah digunakan oleh penjual untuk melakakukan jualan secara online. Kata online berarti terhubung dengan jaringan internet. Dan dengan jaringan internet ini, Penjual bisa melakukan aktifitas mencari calon pembeli sampai pada penawaran produk atau barang. Banyak jasa Bimbingan Jualan Online di Pekanbaru

Jualan online bisa dilakukan dengan banyak cara Jualan Online yang bisa dipakai.Seperti yang boleh digunakan untuk jualan online adalah Facebook, Youtube, Iklan Gratis, Blog, Market Place, Website atau Toko Online. Namun untuk itu penjual harus membuat atau mempunyai katalog produk online yang bisa menjual, karena pembeli akan memilih dan menentukan keputusan membeli atau tidak berdasarkan katalog produk yang ada pada jaringan internet.

Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara jualan online di facebook, youtube, iklan gratis, blog, market place, website dan toko online.
1.CARA JUALAN ONLINE DI FACEBOOK
1. Cara jualan online di facebook

  Banyak sekali media promosi online dan cara meningkatkan penjualan di facebook yang biasa digunakan oleh pelaku jualan online. Dan yang salah satunya menjadi favorit sekarang adalah dengan memasarkan produk di Facebook.Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana saja cara jualan online di Facebook agar cepat laku atau cara memasarkan produk di Facebook secara efektif.

Perlu anda diketahui juga, dalam memasarkan atau menjual produk secara online di Facebook tidak boleh sembarangan. Banyak sekali kesalahan pelaku olshop di internet yang saya jumpai. Semuanya karena apa ? kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam pemasaran online adalah salah satu faktor penyebab itu terjadi atau mungkin faktor ingin cepat-cepat produknya laku di Facebook. Padahal semua itu butuh proses dan menghabiskan waktu jika anda ingin benar-benar jeli dan memikirkan strategi yang jitu dalam penjualan produk di Facebook.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan produk di Facebook, hanya saja disini saya akan menjelaskan dasar-dasar bagaimana membuat strategi pemasaran dan promosi di Facebook agar cepat dengan efektif. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan apa saja cara jitu jualan di Facebook agar nantinya.

    Tentukan Produk

Jika anda adalah seorang Reseller atau mungkin ingin menjual produk sendiri, pastikan barang yang akan anda jual adalah barang yang mempunyai peluang pasar dan minat yang tinggi dikalangan masyarakat. Nah, ada beberapa kesalahan atau tradisi yang menyimpang di dunia bisnis online yang salah satunya adalah memperjualkan produk sesuai Background diri sendiri. Maksudnya disini adalah sebuah pemikiran dimana jika penjual adalah seorang Pria, barang yang dijual adalah Jam tangan, Jaket kulit dan lainya. Begitu sebaliknya, jika penjual seorang wanita yang harus dijual berarti Perhiasan, Tas ataupun perlengkapan Make Up.

Sebetulnya itu semua adalah sebuah tradisi yang biasa terjadi di kalangan penjual online dan sekilas terlihat tidak ada yang salah jika memang itulah produk yang sedang naik daun dikalangan masyarakat. Tetapi jika contoh produk yang berlawan dengan Background anda dalam arti tidak cocok dengan gender anda sedang naik daun dan memiliki peluang pasar yang besar dari produk lainya, jangan lantas menghiraukanya begitu saja jika memang anda terjun dalam dunia bisnis apalagi bisnis online. Karena sebagus apapun produk yang anda miliki tetapi jika produk tersebut tidak memiliki peluang pasr yang baik, maka semuanya akan menjadi sia-sia. Jadi,intinya pilihlah barang yang memiliki peluang pasar yang baik. Jangan jadikan status gender sebagai keputusan anda dalam memilih sebuah produk.

    Bidik Target Penjualan

Bagaimana mencari pemirsa yang tertarget di Facebook sesuai produk yang anda jual? ini adalah sebuah tahap yang saling berkaitan dengan sebelumnya yaitu dengan memilih produk. Jika produk yang anda jual adalah produk wanita, entah itu Tas, alat-alat Make Up, atau perlengkapan rumah tangga, anda bisa mencari calon pembeli yang bertema tersebut di sebuah forum atau grup di Facebook yang masih berkaitan dengan wanita seperti contoh “Resep Makanan”. Di sebuah grup Facebook tersebut anda akan menemui pemirsa yang masih berhubungan dengan produk anda. Disaat itulah anda bisa mempromosikan di grup Facebook tersebut atau membernya bisa anda jadikan teman Facebook anda.
Lalu bagaimana mencari pemirsa yang tertarget melalui Fanpage ? sebenarnya tidak jauh beda seperti cara diatas. Yang perlu anda lakukan adalah mencari Fanpage yang masih berhubungan dengan apa yang anda jual. Disini saya akan memberi sebuah contoh jika produk yang anda jual adalah produk pria misal “Jam Tangan”. Yang perlu anda lakukan pertama adalah mencari Fanpage atau hal apa yang berhubungan dengan pria seperti Fanpage Bola, Otomotif dan lain lainya. Selanjutnya tinggal anda tambahkan sebagai teman pada pengguna Facebook yang komentar dibawah postingan. Karena mereka lah target utama dalam pemasaran.
Sedikit Tips jika anda menambahkan teman secara besar-besaran dalam satu waktu, akun Facebook anda akan berpeluang di Banned permintaan pertemanan oleh Facebook karena permintaan teman yang menumpuk. Cara mengatasinya carilah pengguna Facebook yang tidak lebih 5 menit menuliskan komentar di Fanpage atau grup. Karena disa’at  itu pengguna Facebook yang anda tambahkan sebagai teman dalam ke’adaan online. Jadi akan berpeluang dikonfirmasi lebih cepat dan menghindari perminta’an yang menumpuk yang berpeluang Banned.

    Tentukan Waktu yang Tepat Untuk Upload

Ini adalah hal yang sangat sedikit para pelaku Olshop di Facebook yang memperhatikanya. Waktu yang tepat untuk Upload contoh gambardi  Facebook akan membantu memperbanyak pengguna Facebook yang menjangkau kiriman anda. Contoh kecil bahwa anda upload contoh gambar produk pada jam 1 malam tidak akan lebih baik dibanding jam 5 sore. Karena pada sore hari dan seterusnya hingga tengah malam adalah selesainya jam kerja seseorang dan waktu istirahat yang tidak sedikit seseorang bisa bersantai, buka Facebook dan lain lain terkecuali memang mempunyai pekerja’an di sore hari. Bukan sebatas analisa dari Jam saja, Hari pun begitu. Menurut pengalaman saya, hari atau waktu yang paling tepat adalah pada malam minggu karena disa’at itu malam yang panjang akan digunakan sebagai malam bersantai bagi para pengguna Facebook karena tidak tergesa-gesa oleh pekerjaan di esok hari. Untuk bulan, kalau bisa jangan Upload contoh gambar produk secara besar-besaran pada tanggal tua, atau akhir bulan. Pasti anda sendiri sudah tahu apa alasanya.

    Optimasi Fanpage, Group Facebook dan akun Facebook

Ini adalah beberapa cara gratis pemasaran di Facebook yang bisa anda lakukan dengan mudah. Pertama adalah perhatikan juga apa produk yang akan and jual. Misal anda menjual sepatu untuk Pria tidak salahnya anda membuat akun kloningan atau akun yang khusus anda buat untuk promosi karena itu adalah salah satu teknik  untuk mencari target penjualan pada Pria dengan pembuatan akun kloningan Wanita. Jika anda sudah mempunyai banyak teman Facebook baru anda mulai memasarkanya dengan mengganti nama sesuai yang anda inginkan.
Untuk optimasi grup Facebook anda bisa membuat nama Group yang bekaitan dengan produk anda. Hindari pemakaian nama dengan nama produk. atau seperti ”Jual jam tangan” karena kata-kata tersebut kurang menarik. Begitu pun menjual produk wanita, hindari menggunakan nama atau berbau tujuan penjualan langsung. misal anda menjual tas atau busana, anda tinggal membuat nama grup Facebook apa yang masih berkaitan dengan wanita.
Bagaimana dengan optimasi Fanpage? dengan mempunyai banyak Like, anda bisa menggunakan teknik apa saja cara ampuh agar fanpage banyak like.

    Hindari “Tag Marketing ” Secara Berlebihan
Setelah anda mengetahui beberapa cara agar jualan di Facebook cepat laku diatas, maka anda tinggal memasarkanya dengan Tag teman Facebook anda atau posting di grup yang masih berkaitan dengan produk yang anda jual maupun posting lewat Fanpage. Tetapi yang perlu anda hindari adalah pemasaran dengan Ngetag teman Facebook secara berlebihan. Berlebihan dalam arti anda terlalu sering Tag teman Facebook anda. Untuk mengetahui alasanya coba anda posisikan sebagai pengguna Facebook yang di Tag. Tentu pada sejatinya iklan adalah sesuatu yang kurang disukai apalagi jika dilakukan dengan Tag secara berulang-ulang. Ini akan menjadi Boomerang tersendiri bagi proyek akun Facebook yang anda buat jualan akan berpeluang du Unfriend maupun diblokir.

    Cari Target Pembeli “Abnormal”

Mungkin ini adalah sebuah cara yang  seorang pakar FB Ads pun belum menggunakan cara ini. Cara ini sedikit unik, dimana ketika anda mempunyai sebuah produk yang bertema Wanita atau Pria, pasti kebanyakan anda akan menambahkan teman Facebook yang sesuai Produknya seperti produk jaket kulit. Saya yakin Jelas yang anda jadikan target adalah pengguna Facebook Pria dan begitu pun sebalikya. Tetapi pada cara ini anda diharuskan menambahkan teman Facebook yang lawan jenis atau bertentangan dengan produk. Contoh jika anda memasarakan Produk wanita seperti Busana, hal yang perlu anda lakukan jangan hanya mencari target penjualan pada Wanita saja tetapi juga Pria. Bukan karena sebuah target pemasaran agar dia membeli, tetapi hal tersebut akan membantu anda jika anda menggunakan Tag Marketing. Bagaimana bisa ? sekarang coba anda bayangkan. Jika anda upload sebuah contoh gambar produk yang akan anda jual dan hanya Tag teman Facebook anda yang Wanita, mayoritas yang melihat adalah para Pria. Karena juga sudah hukum alam jika Wanita tertariknya sama Pria. Begitu juga sebaliknya, jika anda Tag teman Facebook anda yang Pria, mayorritas yang menjangkau kiriman adalah Teman Facebooknya yang mayoritas Wanita. Jadi, disini fungsi pengguna Facebook yang bertentangan dengan produk yang anda jual adalah sebagai objek promosi pada teman Facebooknya yang itu berkaitan dengan Produk yang anda jual. 
2. CARA JUALAN ONLINE LEWAT YOUTUBE

Cara yang kedua adalah menjadikan youtube sebagai toko anda. hal ini bukan tidak mungkin dilakukan hal ini tentu sangat mungkin. maka jika anda ingin bisnis online jualan di youtube anda harus punya produk. bagaimanapun caranya. jika anda tidak memiliki produk, anda dapat menjualkan produk orang lain, jadi yang anda perlu lakukan adalah mencari bagaimana agar anda memiliki produk. oke sekarang anda sudah punya produk. bagaimana langkah se   lanjutnya?

karena anda menggunakan youtube untuk jualan maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mempresentasikan produk anda dalam bentuk video. anda dapat membuat video demo produk atau rangkaian slide gambar produk dan memberikan keterangan cara transaksi pada akhir video seperti cara menghubungi anda mungkin anda memberi nomor hp atau nama media sosial anda intinya bagaimana orang bisa menghubungi anda. anda dapat mengedit video dengan software dari komputer anda semenarik mungkin. oke sekarang produk sudah ada, videonya juga.

langkah selanjutnya adalah mengupload ke youtube.

jika anda sudah punya akun youtube anda bisa langsung upload. tapi jika anda tidak punya anda harus membuatnya.

pertama anda harus memiliki akun gmail. yah sebuah email dari google silahkan mendaftarnya di google.com setelah anda punya gmail (saya anggap anda sudah bisa membuat gmail). selanjutnya silahkan ke youtube.com kemudian lihat profil anda dibagian kanan atas, kemudian klik creator studio. buat chanel youtube anda lengkapi semua data datanya. dan berikan sampul youtube anda layaknya anda memberi sampul facebook.

setelah selesai saatnya anda mengupload video presentasi produk yang akan dijual melalui youtube.

klik upload pada bagian atas agak ditengah2 silahjan cari tombolnya. dan cari file video produk anda dan upload. setelah selesai silahkan beri judul video anda misal anda jual kaos judulnya bisa " jual kaos murah lengkap kirim keseluruh indonesia" kemudian isi deskripsi tentang produk, isi tag dengan kategori produk kemudian klik publikasikan.
Sekian Postingan saya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar